Tak Hanya Morning Sickness, Berikut 5 Tanda Awal Kehamilan yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Tak-Hanya-Morning-Sickness-Berikut-5-Tanda-Awal-Kehamilan-yang-Wajib-Diketahui
Foto dari Canva Pro

Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehadiran buah hati dikeluarganya. Namun, banyak pasangan suami istri muda yang tidak memahami mengenai tanda-tanda dari awalnya kehamilan. Tanda awal kehamilan dapat dirasakan setelah satu minggu masa kehamilan.  Cara yang paling mudah memang melalui alat tes kehamilan atau tes ovulasi menggunakan urine.

Tanda-Tanda Hamil Muda yang Perlu Anda Tahu

1. Sensitifnya Payudara

Gejala yang mudah terlihat saat mengalami awal kehamilan yaitu payudara yang lebih sensitif dan membesar. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya hormon esterogen dan progesteron. Keadaan ini akan terasa saat pasca pembuahan, sekitar 1 sampai 2 minggu setelah pembuahan. Payudara juga dapat mengalami nyeri pada trimester pertama ini. Hal tersebut dapat muncul di satu atau bahkan kedua payudara.

2. Tubuh Terasa Kurang Fit

Meskipun di tahap awal kehamilan, namun biasanya ibu hamil akan mudah merasakan kondisi tubuhnya semakin lelah. Tanda ini akan bersamaan dengan tanda-tanda hamil lainnya, seperti detak jatung semakin cepat. Terkadang hamil juga dapat membawa demam bagi sang ibu. Untuk mengatasi keadaan tersebut, ibu hamil dapat beristirahat dengan cukup dan makan teratur agar tidak merasa kelelahan.

3. Perut Terasa Kembung

Hampir semua ibu saat hamil muda akan merasakan yang namanya morning sickness. Keadaan ini disebabkan oleh hormon progesteron yang menyebabkan sistem pencernaan menjadi lambat sehingga sang ibu merasa tidak nyaman di bagian perut yang disertai keinginan muntah. Rasa mual ini akan terjadi kapanpun dan dimanapun karena ada kaitannya dengan hormon kehamilan.

4. Seringnya Buang Air Kecil.

Tanda awal kehamilan berikutnya yaitu perasaan ingin buang air kecil secara terus-menerus. Hal itu disebabkan oleh pembesaran uterus mengakibatkan kadung kemih mengalami desakan yang signifikan sehingga menimbulkan keluhan selalu ingin buang air kecil. Tidak heran jika ibu hamil muda merasa ingin buang air kecil. Dalam sehari ibu hamil dapat buang air kecil sebanyak enam sampai delapan kali sehari.

5. Susah Makan

Di awal kehamilan, kadar progesteron akan mengalami perubahan secara mendadak. Tingginya kadar hormon progesteron akan memberikan reaksi yang tidak nyaman pada tubuh, seperti sembelit, mual dan tidak nyaman diperut. Sehingga akan menganggu nafsu makan sang ibu saat hamil. Tetapi, kurangnya nafsu makan merupakan hal normal bagi ibu di awal kehamilan sehingga anda tidak perlu khawatir.

Tanda-tanda kehamilan diatas dapat terjadi sejak minggu pertama kehamilan, dan bisa jadi akan berkembang hingga sepanjang kehamilan. Namun, setiap wanita memiliki perbedaan di setiap kondisi awal kehamilan. Pastikan jaga kesehatan pasangan satu sama lain, baik sebelum hamil bahkan sudah hamil sekalipun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *