Ada Banyak Gejala Batuk yang Wajib Diwaspadai Lho! SehatQ Merangkumnya untuk Anda

  • Whatsapp
Ada-Banyak-Gejala-Batuk-yang-Wajib-Diwaspadai-Lho-SehatQ-Merangkumnya-untuk-Anda
Foto dari Canva Pro

Batuk merupakan sebuah gejala yang sebenarnya cukup umum dan bisa sembuh dengan sendirinya bila termasuk gejala ringan. Namun sebagian gejala ini termasuk dalam gejala serius dan menandakan ada gangguan kesehatan yang perlu penanganan lebih lanjut. Sebagai pembaca SehatQ, tentu Anda sudah mengenali gejala dari virus covid-19, bukan? Salah satunya ialah mengalami batuk yang tidak juga reda, hingga mengeluarkan dahak berwarna.

Gejala Batuk Seperti Ini Tidak Boleh Disepelekan

Ada beberapa gejala batuk yang harus segera ditangani oleh dokter, tidak hanya obat batuk biasa, di antaranya:

1. Berdahak Kental dan Berwarna

Batuk yang mengeluarkan dahak memang wajar, sebab batuk sendiri dibagi menjadi dua gejala yaitu kering dan berdahak. Tetapi bila dahak yang keluar berwarna, seperti kecoklatan, putih, hingga kemerahan berarti ada hal serius yang terjadi. Misalnya gangguan pada paru-paru akibat penyakit tertentu, salah satunya infeksi paru-paru.

2. Batuk yang Tidak Juga Sembuh atau Berkurang

Gejala batuk lain yang wajib segera ditangani ialah batuk yang tidak juga berkurang dan sembuh maksimal 2 minggu. Umumnya gejala ini bisa berkurang, hingga sembuh saat daya tahan tubuh mulai meningkat dan stabil. Selain itu menggunakan obat batuk pun biasanya akan membantu. Berbeda jika gejala terus dialami dan tidak juga membaik.

3. Batuk Disertai Nyeri Dada

Batuk Anda disertai nyeri di bagian dada sampai mengganggu aktivitas? Nyeri dada bisa berupa sesak napas, dada terasa tertekan, atau pun membuat napas jadi berbunyi. Nah, batuk seperti ini harus juga segera diberi tindakan untuk menghindari tingkat lanjut dan mengetahui kondisi tubuh Anda secepatnya.

4. Batuk Disertai Suara yang Tidak Biasa

Selain dari warna dahak, lama waktu penyembuhan, juga muncul gejala nyeri, batuk yang harus diwaspadai lainnya adalah batuk dengan suara yang tidak biasa. Misalnya suara desahan yang mengganggu atau terdengar aneh. Biasanya batuk yang menjadi gejala penyakit serius juga sudah terlihat dari bagaimana penderita batuk, terlihat berbeda dari biasa.

5. Mengalami Demam di Atas 38 Derajat

Batuk yang dibarengi demam tinggi di atas 38 derajat wajib segera mendapat perawatan medis. Seperti yang diterangkan oleh SehatQ, gejala batuk yang dibarengi demam tinggi pun menjadi gejala umum dari covid-19, sehingga harus segera melakukan rapid test dan swab. Apalagi ditambah gejala lainnya berupa kehilangan indera penciuman dan sesak napas. Biasanya penyakit batuk ataupun flu biasa tidak membuat tubuh mengalami demam terlalu tinggi.

6. Batuk Disertai Penurunan Berat Badan Drastis

Kemudian gejala lainnya yang juga harus diperhatikan ketika mengalami batuk adalah saat berat badan turun secara drastis dalam beberapa hari. Penurunan berat badan yang drastis menandakan ada masalah metabolisme dalam tubuh. Selain itu juga penurunan imunitas tingkat parah pun bisa ditandai dengan berat badan yang tiba-tiba turun drastis hanya dalam beberapa hari.

7. Batuk Diikuti Gejala Lain

Karena ada banyak penyakit yang diawali gejala batuk, biasanya Anda bisa mencoba memperhatikan apa saja gejala pengikutnya. Seperti sakit kepala yang terasa tidak biasa, mual hingga muntah, nyeri di persendian, atau pun gejala lain yang dirasa perlu penanganan.

Untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar gejala batuk dan gejala penyakit lainnya, Anda bisa kunjungi SehatQ. Selain itu Anda pun bisa membeli berbagai kebutuhan obat-obatan dan alat kesehatan di Toko SehatQ secara lebih praktis. Terdapat banyak layanan kesehatan yang memudahkan seperti layanan chat dengan para dokter spesialis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *