7 Komponen Penting Mesin Mobil, Apa Saja?

  • Whatsapp
7-Komponen-Penting-Mesin-Mobil-Apa-Saja
Foto dari Canva Pro

Mobil merupakan kendaraan yang semakin menjadi kebutuhan primer di Indonesia. Seiring dengan tingginya pengguna mobil, risiko di jalan juga akan lebih tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih asuransi kendaraan terbaik.

Komponen Mesin Mobil

Kerusakan akibat kecelakaan atau risiko lain sedikit banyak berdampak pada mesin. Mesin mobil ternyata memiliki komponen-komponen yang penting, yaitu antara lain:

1. Kepala Silinder atau Cylinder Head

Kepala silinder merupakan salah satu komponen utama pada mesin mobil di mana di dalam komponen ini terdapat ruang bakar. Kepala silinder dipasangkan dengan komponen lain bernama blok silinder.

Alumunium alloy merupakan material umum yang digunakan untuk membuat komponen ini. Material in dikenal ringan dan merupakan pendingin yang efektif. Komponen ini memiliki valve train atau rangkaian katup yang dapat digunakan untuk membuka dan menutup posisi katupnya.

2. Blok Silinder

Blok Silinder dan kepala silinder saling terhubung. Pada Blok Silinder, terdapat silinder yang menjadi tempat piston bekerja. Piston tersebut berfungsi untuk membuat siklus mesin pada mobil bekerja.

Bagian bawah blok silinder terhubung dengan calter, yaitu wadah penampung oli. Blok silinder merupakan bagian paling penting dalam mesin mobil. Material untuk membuat blok silinder adalah material yang kuat dan tebal, yaitu cast iron.

Karena kekuatan dari cast iron, blok silinder dapat menopang komponen lainnya pada mesin. Misalnya kepala silinder, crankshaft¸ piston, dan lain sebagainya.

3. Silinder

Agar dapat menjalankan fungsinya, piston juga memiliki tempat yaitu silinder. Jumlah silinder di dalam komponen mesin berjumlah lebih dari satu dan disusun secara sejajar pada satu garis. Jika Anda ingin melihat kapasitas mesin suatu mobil, Anda dapat melihat berapa banyak silinder pada mesin mobil tersebut.

4. Ring Piston

Antara dinding silinder dengan piston terdapat benda yang digunakan untuk merapatkan kedua komponen tersebut. Komponen perantara ini disebut dengan ring piston yaitu komponen yang memiliki bentuk seperti cincin.

Fungsi ring piston juga memberikan perlindungan agar tidak ada kebocoran gas saat mesin sedang berjalan. Selain itu, fungsi ring ini adalah menghalangi oli masuk ke ruang bakar. Ring memiliki tugas sebagai pemampat udara yang dapat mencegah kebocoran.

Ketika ring piston ini mulai aus dan rusak, maka pada mobil yang dirasakan adalah oli mesin akan cepat habis. Karena ring tidak berfungsi dengan baik, oli mobil dapat masuk ke ruang pembakaran melalui celah piston saat naik dan turun. Karena oli masuk ke tempat pembakaran tersebut, oli akan cepat habis.

Tanda lainnya saat ring piston perlu diganti adalah knalpot bermasalah sehingga mengeluarkan asap putih tebal.

5. Karter

Karter merupakan wadah untuk oli dan terletak paling bawah di mesin. Fungsi dari komponen ini adalah menyediakan oli pelumas untuk mesin mobil. Oli yang ditampung tersebut akan digunakan pada mesin sehingga dapat melapisi mesin setiap digunakan.

6. Piston

Piston adalah inti dari sebuah mobil. Komponen ini merupakan penggerak dalam proses pembakaran. Dengan demikian, piston akan menghasilkan energi untuk bergerak atau tenaga pada mobil. Energi atau tenaga gerak dapat menggerakkan roda

7. Poros Engkol

Poros engkol adalah komponen yang berfungsi dalam perubahan energi putar oleh energi gerak untuk roda. Poros engkol tergantung dengan bentuk silindernya serta urutan pembakaran dalam mesin mobil.

Masih banyak lagi komponen yang penting dalam mesin mobil. Anda dapat menggunakan asuransi terbaik untuk mengurangi risiko pada unit kendaraan, ketika terjadi kecelakaan, atau tuntutan pihak ketiga,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *