5 Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Lansia

  • Whatsapp
5-Manfaat-Minum-Susu-bagi-Kesehatan-Lansia
Foto dari Canva Pro

Susu merupakan asupan nutrisi yang wajib diberikan sejak kanak-kanak hingga dewasa pun. Susu bisa memberikan manfaat pembentukan tulang dan gigi bagi pertumbuhan si kecil. Tak hanya anak-anak saja, manfaat susu juga bisa menjaga kesehatan tulang lansia agar tetap aktif beraktivitas seiring usia yang semakin lanjut. Pastikan Anda memberikan susu orang dewasa yang rendah lemak dan gula.

Minum susu bagi kesehatan lansia

Jika Anda punya lansia di rumah, selalu upayakan memberikan menu makanan sehat yang kaya vitamin D. Orang tua acap mengeluhkan masalah kesehatan karena degenerasi fungsi organ tubuh. Minimal segelas susu orang dewasa yang aman dikonsumsi orang tua tanpa riwayat alergi, kenapa tidak? Simak 5 manfaat minum susu bagi kesehatan lansia berikut :

1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan kekuatan tulang alias mengalami kerapuhan seiring usia yang menua. Demi mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang, orang dewasa wajib konsumsi susu secara rutin sedangkan lansia yang rajin konsumsi susu bisa memperlambat osteoporosis.

2. Menjaga kesehatan jantung lebih baik

Gaya hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan jantung sejak usia produktif seperti hindari rokok, alkohol dan lain-lain. Selain rajin melakukan olahraga, Anda harus tahu bahwa susu yang kaya vitamin D bisa menjaga kesehatan jantung lansia lebih baik. Kandungan kalium pada susu bisa membantu pengeluaran natrium lewat urine yang dikeluarkan setiap hari, lho!

3. Mencegah radang sendi

Orang tua kerap mengeluhkan masalah radang sendi saat beraktivitas ringan pun. Anda perlu memberikan susu guna mencegah radang sendi semakin parah sebab susu kaya kalsium, vitamin D dan protein. Kandungan tersebut efektif mencegah masalah osteoarthritis sejak usia dini.

4. Menjaga massa otot lansia

Olahraga bisa meningkatkan massa otot lansia sehingga aktivitas rutin tidak terganggu. Selain mengajak lansia melakukan olahraga yang direkomendasikan untuk orang usia lanjut, selalu berikan susu yang kaya protein setiap hari. Pasalnya, orang yang sudah berumur lanjut akan mengalami penurunan massa otot dan perlu asupan protein lebih tinggi dari orang muda.

Jangan heran kalau lansia memiliki berat badan yang terus menurun karena faktor usia, ya? Cegah risiko terburuk berat badan di bawah rata-rata dengan memberikan susu yang bisa mengembalikan massa otot mereka. Massa otot dan kesehatan tulang yang terjaga akan membuat lansia bisa menikmati masa tua tanpa kehilangan fungsi gerak tubuh.

5. Menjadi sumber energi tambahan

Pada beberapa kasus, ada orang lanjut usia yang mengalami susah makan dan kesulitan menelan makanan. Ada beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kale dan brokoli yang kaya kandungan kalium tinggi, tetapi orang tua yang mengidap masalah lambung tidak disarankan konsumsi brokoli berlebihan. Anda bisa memberikan segelas susu untuk menambah energi dan membuat perut lebih kenyang. Toh, konsumsi susu lebih mudah sebab berbentuk cairan yang bisa diminum kapan saja.

Manfaat susu orang dewasa bagi perkembangan kesehatan lansia sangat beragam sehingga Anda wajib memilih susu yang rendah lemak. Lansia yang rutin mengkonsumsi susu jauh lebih sehat, bugar dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bantuan. Pastikan Anda memantau perkembangan kesehatan lansia dengan memberikan menu makanan sehat, rutin olahraga dan konsultasi dengan dokter terkait.

Kurangi efek stress pada orang tua yang bisa menjadi penyebab penurunan minat pada makanan. Penyakit mental merupakan masalah yang sering dialami lansia sehingga penurunan kesehatan sering terjadi. Yuk, jaga kesehatan orang tua mulai fisik, psikis dan emosional mereka ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *